Tuesday 16 June 2015

menanam mangrove di desa dadap


Ribuan Pohon Mangrove di Tanam di Pantai Dadap Indramayu


Relawan indramayu bersama kelompok warga dadap dan puluhan orang menanan mangrove 8.000 pohon di kawasan mangrove Pantai Dadap Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu, Selasa (2/12/14).
Kegiatan tanggung jawab sosial  (corporate social responsibility/CSR) ini dilakukan dalam rangkaian menjaga kelesatarian pantai dadap pelibatan warga dalam penanaman mangrove ini merupakan salah satu cara menjaga keberlangsungan kegiatan lingkungan.
Tercatat sedikitnya 91 wagra dari tiga blok yang ikut menanam, yaitu dari blok kemisan, blok perapatan, blok pulobi dan serta warga sekitar dadap. Dengan ikut menanam, secara langsung warga ini akan terikat dengan pohon yang mereka tanam.
Sebelum menanam pohon, relawan dadap ini juga diajak untuk bersama-sama membersihkan pantai dari sampah. Selama ini, sampah menjadi salah satu persoalan klasik di kawasan pesisir pantai.
"Untuk kali ini, kami sengaja mengundang warga dari tiga blok di dadap, untuk mengajak mereka aktif dalam kegiatan lingkungan," ujar ( okim keribo dan kawan-kawan ), ditemui di lokasi. blok kemisan, okim keribo dan kawan-kawan mengatakan, sebelum ada pemeliharaan ekosistem mangrove, abrasi tak terhindarkan. Sekitar 100 meter kawasan pesisir terkikis selama beberapa tahun sebelum ada penanaman mangrove.
Saat kegiatan pelestarian sudah dirintis, masyarakat ikut menjaga kelestarian karena ikut merasakan nilai positif pelestariannya. "Kami menyediakan bibit, menanam, hingga merawat pohon-pohon ini. Jadi tidak hanya menanam lalu ditinggal," katanya. 
Trimakasih semogah bermanfaat...

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar kalau ada kata kata yang kurang enak atau apa nanti Admin bisa dirubah, apa kalau ada PENDAPATatau SARAN usulkan ya, mungkin itu bisa membantu admin.