Tuesday 16 June 2015

dadap indramayu



 Peta lokasi desa dadap
Pintu masuk pelahbuan dadap
Dadap merupakan nama sebuah desa di Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu. Dadap adalah nama tumbuhan berduri yang biasanya tumbuh subur di sungai atau rawa-rawa. Dalam kamus Bahasa Indonesia, Dadap adalah tumbuhan peneduh ladang kopi dan penyubur tanah. Jika kita berkunjung di desa tersebut, tidak lagi dijumpai nama pohon Dadap, yang dahulu tumbuh liar dimana-mana, bahkan penduduk Desa Dadap pun banyak yang tidak mengenal tumbuhan Dadap; tumbuhan Dadap kini hanya sebatas nama. Arti lain dari Dadap adalah tameng yang digunakan untuk berperang.
Letak Desa Dadap di Pesisir Utara Pulau Jawa. Desa ini memiliki garis pantai yang relatif panjang. Mayoritas penduduk Desa Dadap adalah nelayan. Dahulu, potensi sumber daya alam desa tersebut melimpah ruah, utamanya dari hasil tangkap ikan oleh sejumlah nelayan. Tanpa harus melintasi pulau-pulau di Nusantara atau menyeberangi perbatasa teritorial Indramayu, penduduk Desa Dadap begitu makmur, bahkan dahulu terdapat tradisi alang-alang atau meminta ikan ke para nelayan yang baru berlabuh di pesisir laut Dadap (kisik). Namun, tentang kesuburan Desa Dadap kini hanya sebuah cerita lama. Desa Dadap tidak “bau amis” lagi, karena hasil tangkapnya semakin berkurang. Salah satu faktor penyebabnya adalah limbah industri. Hal tersebut berimplikasi pada lumpuhnya roda perekonomian, karena hasil tangkap nelayan sebagai faktor deterministik bagi bidang lainnya, termasuk pendidikan.
 pohon dadap
 pohon dadap
 pohon dadap

1 comment:

  1. kenapa pohon dadap tidak dikembang biak kan lagi disana? alangkah baiknya Desa Dadap Identik dengan maskotnya. maksudnya namanya Desa Dadap harus ada pohon Dadadnya,kan pas to....?

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar kalau ada kata kata yang kurang enak atau apa nanti Admin bisa dirubah, apa kalau ada PENDAPATatau SARAN usulkan ya, mungkin itu bisa membantu admin.